Dapat pertanyaan beginian dari atasan gw :

Pak Erik : Ka, emang kalo di Batak ada panggilang kunyah yah ?
Gw : Maksudnya pak ?
Pak Erik : panggilan kunyah ka, klo di Arab itu panggilan buat seseorang tapi bukan namanya, gw juga baru tau dari temen gw yang orang batak. misalnya nih : klo bapak-bapak dipanggilnya bukan nama gw tapi nama anak gw, begini: nama gw kan Erik tapi dipangginya bapak Sella karna anak gw yang pertama Sella. gitu ka.

Dan gw pun menjelaskan, karena di kantor lagi banyak orang jadi mereka semua menyimak. gini loh pak:

Karna orang batak itu, kalau sudah dewasa agak pamali nyebut nama, dan mulai dari kecilpun sudah ada panggilan lainnya pak. nih saya uraikan yah.

Misalnya nih ada seorang anak laki-laki yang baru lahir, sebelum dikasih nama oleh orangtuanya dia akan dipanggil Ucok. dan seandainya bapaknya si ucok marga tobing maka namanya adalah ucok tobing.

lalu setelah sebeberapa hari, setelah keluarga sepakat si ucok dikasih nama misalnya Eka. jadi namanya si baby tadi adalah Eka Tobing. 

Dan nama Eka lah nama panggilan untuk dia terus sampai dewasa.

Lalu setelah Eka dewasa dan dia pun menikah tetapi dia belum memiliki anak, dia akan ada nama panggilan baru dari orang-orang disekitarnya (khususnya orang-orang batak) yaitu amani paima atau bapak harapan.

Lalu beberapa tahun berikutnya istrinya Eka melahirkan anak laki-laki yang diberi nama Eko yang berarti nama panggilan untuk Eka juga berubah dari bapak harapan menjadi bapak Eko.

lalu setelah Eko dewasa dan kemudian menikah dan memiliki baby juga dan diberi nama Eki. nama panggilan untuk Eka juga akan berubah lagi menjadi oppung Eki.

Biasalah yah kalo gw dipancing ngomongin kebatak-batakan langsung semangat 45 gitu, apalagi yang nanya bukan batak. jadilah gw merembet kemana-mana. pak klo batak itu agak ribet-ribet gimana gitu pak. seandainya tadi anaknya si Eka itu yang pertama menikah adalah anak perempuan, akan beda lagi peraturannya.

Pak Erik: maksudnya ?

Gini pak (mulai lagi gw kuliahnya, ini mah berasa kuliah 3 SKS gw hahaha)

Gini misalnya tadi si Eka punya 2 anak, dan anaknya 1 perempuan dan 1 laki-laki. dan yang menikah anak perempuan duluan. contoh, nama anak perempuannya Ela yang laki-laki Eko.

Dan Ela menikah duluan dengan marga Silalhi. dan memiliki anak yang diberi nama Eli. Maka panggilan untuk Eka adalah Oppung ni si Eli

Nah inilah perbedaannya pak, klo dia punya cucu dari anak laki-laki panggilannya Oppung lalu nama cucu, dan klo punya cucunya dari anak perempuan panggilannga Oppung ni si baru nama cucunya. ada perbedaan di "Ni Si".

Jadi klo panggilan seseorang  ada "Ni Si" nya orang-orang udah tau berarti itu cucu dari anak perempuannya.


dan seandainya nanti si Eko, saudaranya si Ela punya anak juga panggilan untuk Eka diganti lagi bukan Oppung ni si Eli lagi tapi jadi Oppung (pake nama anaknya Eko) misalnya anak Eko namanya Eki, jadi panggilan Eka jadi Oppung Eki. gitu pak.

Pertanyaannya kenapa harus diganti kan sama-sama cucunya ?

Nah ini Batak pak, Batak itu garis keturunannya dilihat dari anak laki-laki. karna yang mewariskan marga adalah anak laki-laki.

Balik ke pertanyaan tadi kenapa harus diganti ?

Karena anaknya Ela bukan marga Tobing, tapi marga Silalahi. sedangkan anaknya Eko adalah marga Tobing. Biasanya dibikin adatnya juga sih untuk merubah panggilannya.

Trus sibapak nanya lagi, trusk kalo si Eka gak punya anak laki-laki gimana dong ?

Wah pertanyaan bagus, berarti si bapak menyimak penjelasan kuliah 3 SKS gw. hahaha

Ia pak, marganya si Eka Selesai sampe marga anaknya. dan panggilan dia tetep Oppung ni si Eli.

dan nama panggilan terakhirlah nanti yang akan ditulis di Nisannya.

Wah,,, berarti batak dan Arab hampir sama yah ka ? kata si bapak

Mungkin

Tapi klo sama orang israel hampir sama pak, sesuai yang saya baca di Alkitab, garis keturunan dilihatnya dari laki-laki. bahkan jaman dahulu (kalo jaman sekarang gak tau deh masih dilestarikan apa engga) mereka bisa menghitung si A keturunan keberapa.

kalo di batak sampai sekarang masih bisa pak, contohnya saya, saya marga/boru Sitohang. dan jika dihitung dari pertama kali marga Sitohang ada di dunia ini saya nomor di keturunan ke 16. seandainya klo mau nih, kalo mau yah,,, sampe dari si Raja Batak pun kita bisa tau kita beturunan ke berapanya.  Cuma saya gak mau tau ah abis ribet dan bikin pusing.  ini aja gw udah keder pak. hahaha

Dan kata-kata inilah yang keluar dari mulutnya,,,,,,

Wah Batak HEBAT yah,,,,

😆

Selamat membaca dan semoga gak keder, gw aja udh keder dan mikir bener gak yah yang gw tulis haha. dan kalo ada yang salah MAAF 😁




0 Comments