Biasanya gw adalah tipe orang yang kalau pergi kemanapun harus ada temennya. Inget yah KEMANAPUN,,,,,,

Termasuk cuma ke minimarket deket rumah kudu wajib ada temennya, entah itu untuk jagain motor biar gak perlu bayar parkiran :) apalagi kalau perjalanan jauh gw paling gak bisa jalan sendiri karna takut kenapa-kenapa di jalan termasuk kalau nginep-nginep di tempat jauh, minimal ada yang kenal.

Gw termasuk orang yang suka jalan klo bahasa kerennya traveling”lah, dari semua perjalanan yang gw lakukan pasti bersama dengan orang-orang yang gw kenal, baik domestik maupun internasional. Itu kudu wajib ada yang gw kenal.

Gw pernah denger cerita keponakan gw Lia Manik, kalau dia pernah nonton bioskop sendiri, karaukean sendiri dan traveling sendiri juga kayaknya pernah.

Engga tau lagi kenapa tibatiba gw pengen banget jalan sendiri, pengen banget kayaknya me time, tau dong yah kalau kita jalan ama temen ada aja tetek bengek ribetnya, yah klo gak ambek-ambekan, yah tunggu-tungguan, belum lagi kalau temen kita yang super manjah syantik gitu, mau kemana-mana kudu makeup an dulu. Yah pasti tahan-tahan emosi dan ego juga.

Setelah menimbang-nimbang enak kemana jalan sendiri ini, gw memutuskan ke Dieng-Wonosobo. Sebenarnya gw gak sendiri-sendiri amat sih, gw ikut opentrip yang mana pesertanya semua ada 65 orang. Dan sesuai list name yang gw liat yang ikut itu semuanya berkelompok minimal 2 orang. Dan hanya gw doang yg lonely. Karna gw sendiri banyak yang inget nama gw haha,,,, (mungkin mereka pikir ini orang kasian amat yah, pergi jalan-jalan sendiri, gak punya temen kali dia yah :) )

Meeting point di depan TVRI, begitu sampe bus, mobil sudah rame akan peserta trip. Laporan dulu ke TL (tour leader) kalau gw udh sampe lalu langsung masuk bus untuk nyari tempat duduk nomor 45, dan ternyata itu adalah bangku yang berisi 3 orang. Dan teman sebangku gw udh duduk manis disitu. Biasa basa basi sambil berusaha senyum manis gw menyapa, 

Gw : hai mba,,,,ini bangku nomor 45 kan yah ? 
dan dia menjawab: ia, kamu Eka Sitohang yah ? 
Gw ; ia, kalo mba siapa namanya ?
Dan dia menjawab : Anita ka, salam kenal yah semoga perjalanan kita menyenangkan.
Gw : ia mba, salam kenal juga. Dan gw duduk manis juga. 

Gak berapa lama peserta yang duduk dibelakang masuk, orangnya rame banget tapi masih katagori ramah. Dan dia langsung nyapa gw.

Dia: hai kak, kamu kak Eka kan yah ? yang orang batak ?
Gw : ia, gw Eka Sitohang, dan dari logat bahasanya gw bisa nebak klo dia batak juga. Dan gw balik nanya, lo batak juga ? boru apa ?
Dia : ia kak, gw Lisma boru Simanjuntak dan yang disebelah gw ini (menunjuk temennya) Destini boru Limbong.
Gw : oke, salam kenal semuanyaaaaaa 

Seneng juga ketemu orang batak dalam perjalanan ini, dan orang-orangnya asik asik banget dan baik, kenapa gw bilang baik karna setelah perkenalan yang singkat, Lisma ngasih gw vitamin B dan vitamin C katanya biar gak sakit. Hahaha makasih yah Lisma  :)

Perjalanan menuju Dieng kurang lebih 13 Jam dengan 2 kali berhenti untuk istirahat, baik untuk makan dan buang segala macam air (air besar dan air kecil). 

Pemberhentian kedua untuk sarapan pagi, bus berhenti di salah satu rumah makan yang lumayan besar. Begitu turun mobil kita sudah sepakat mau makan soto (yang anget-anget) imajinasinya udh mantep banget kayaknya bakalan enak banget tapi realitanya ? huhf jauuuuuuuuuuuuuuuh banget. Kuahnya dingin, sayurannya mentah untung aja dagingnya juga gak mentah, udah gitu dikit banget (secara kita yang makan orang batak dikasih porsi mini yah mana nendang :)  ) apalagi dengan harga 28K. intinya kita menyesal dan GAK puas.

Pukul 11.00 pas kita tiba di transit Dieng yang berarti kita harus ganti mobil untuk menuju Dieng dan yang berarti sebentar lagi kita sampe tujuan utama kita.

Kita ber-empat ( gw, Lisma, Destini dan Julius) kebagian 1 mobil lagi. Begitu sampe di Batu Pandang, kita langsung ngacir keluar. Begitu ketemu tukang cilok kita beli cilok pake kuah buat ngegantiin soto dingin tadi, hahaha

Lanjut kita eksplor tempat-tempat foto di Kawah Sikidang, banyak sih cuma ya gitu setiap spot yang bagus udh di tandai oleh warga sekitar jadi klo kita mau foto harus bayar. Jadi buat yang mau kesini hati-hati yah kalau mau foto minimal siapkan uang 50K untuk foto-foto atau ngikutin kita, caranya foto-foto aja dulu pura-pura gak tau eh giliran disamperin bilang aja oooooh bayar yah, maaf yah saya gak tau, lalu pergi. Hahaha

Selesai dari sini kita lanjut ke Theater Dieng, disini kita menonton film (kayak bioskop gitu) cuma filmnya sejarah terbentuknya Dieng. Gw duduk ditengah di sebelah Destini dan Julius, lagi konsentrasi nonton sebelah kanan kiri kok suaranya berat-berat, eh ternyata oh ternyata mereka sedang terlelap. Berasa di dongenging kayaknya,,,,haha.

Lalu pindah lagi lokasi wisata kita ke Telaga warna, dan disinilah kita ketemu dengan sang fotografer kita Bagus. Disini kita yang cewe-cewe mendadak jadi modelnya dia. Dan semua foto-foto yang diambil keren-keren bangt. Dan kemanapun kita pergi Bagus harus kita tarik, pokok dia gak boleh pindah kelain hati. Hahaha

Trip hari ini sudah selesai kita ke penginapan, pembagian kamar dan saya sendiri karna yang sekamar dengan saya suami istri jadi mereka pindah sewa kamar sendiri lagi, takut kali nanti saya minta gantian hahaha jadilah saya mengajak Lisma dan Destini ke kamar saya. Dan mereka bagai masuk surga masuk kamar saya, karna di kamar mereka isinya 7 org dan emak-emak yang gendut-gendut. Dan mereka paling terakhir masuk kamar jadi mereka kebagian paling sedikir lahan untuk tidur.

Bersyukur penginapan dilengkapi dengan air panas, secara udah 2 hari gak mandi jadi rencananya gw mau mandi di sore yang dingin banget ini. DINGIN BANGET 

Lagi asik sabunan dan keramas eh air panasnya abis kayaknya rebutan dengan kamar lain, huuuuuuuuaaaaa terpaksa pake air dingin ngebersihin badan dan disetiap guyuran air gw berteriak saking dinginnya. Dan gw pun bersumpah, gak akan mandi lagi sampe besok pulang. Hahaha

Selesai makan malam kita ketambahan anggota baru untuk kulineran di sekitar penginapan, ada Hambali dan temennya, ada Salman dan pacarnya, Bagus, Lisma dan Destini. Kita patungan beli durian, kita dapet dari yang manis banget sampe yang gak ada rasanya. Abis itu kita lanjut ngopi-ngopi cantik, yang lain ngopi gw mah ngewedang ajalah, gak doyan kopi.

Gak tau karna cuaca yang dingin banget jadi bawaannya laper mulu atau karna memang kami perut kadut, kita masih lanjut makan nasi goreng lagi sebelum balik ke penginapan. Hahaha

Jam 2 subuh TL udah pada ngebangunin peserta, karna kita mau lanjut ke bukit sikunir untuk bertemu sang Surya. Dengan persiapan, gw pake baju 4 lapis dan celana 2 lapir.

Traking dimulai, 100 meter pertama masih semangat karna masih landai, 100 meter berikutnya mulai ngos ngos-an. Begitu selanjut sampe setip 5 langkah gw harus istirahat 5 menit. Nafas udah senin kamis.

Sampai di puncak dan bertemu dengan sang surya, semua lelah hilang. Terbayar semua. PUAS

Dan dari perjalanan ini kayaknya gw bakal ketagihan jalan sendiri, karna jadi gak ribet. Gw bisa fokus sama diri sendiri. 

Oh ia sedikit ternyata dari perkenalan dengan Lisma ternyata dia adalah adik kandung pendeta di gereja gw. Itulah batak dengan marga kita bisa jadi lebih dekat. 

ini bukan ngajak kenalan yah,,tp disuruh bayar karna foto disitu :)



teman sebangku




wedah uwuh

puncak bukit Sikunir

ukulele


berjemur saking dinginnya :)


0 Comments