Kalo 4 tahun lalu diajakin supaya ikut punguan /perkumpulan naposo baik marga sendiri maupun marga mama, jawaban gw pasti begini: ngapain ikut punguan, kan gw bukan anak rantau. Gw disini tinggal sama orangtua. Klo terjadi sesuatu ama gw, baik hari bahagia ataupun hari bersedih/berduka ada kok orangtua gw yg ngurusin dan lagi orangtua gw udh banyak mengikuti perkumpulan2 batak, pasti udh aman lah.  Dulu begitulah pengetahuan gw tentang punguan.

Punguan itu hanya untuk anak rantau, yang jika terjadi sesuatu pada diri si anak rantau ada yg ngurusin 😁

Tapi kalo sekarang seandainya ada yg nanya apa manfaat ikut punguan, gw akan dengan cepat menjawab: ikut punguan itu seru, karna:

Dipunguan lo akan bertemu dengan orang2 yg semarga atau yg emaknya semarga ama lo alias pariban. disini lo bisa ketemu pariban yang rasa pariban kandung, enak dibecandain dan digodain, karna pariban di sini gak baperan jadi lo gak perlu takut dia salah paham dengan tingkah lo. pariban di punguan bebas mau lo apain meraka akan pasrah dan terima nasib punya pariban kayak lo yang mungkin rada-rada gokil or gila hahaha

Dipunguan lo akan belajar bahasa batak dan tata cara bersosialisasi secara batak. Contoh klo biasanya kita kenalan ama orang lain nyebut nama dulu klo disini lo nyebut marga dulu. 😁

Dipunguan lo bisa belajar silsilah keturunan lo, contoh, dulu gw klo ketemu orangtua apalagi seumuran bapak gw, gw pasti manggil uda, bapak tua or oppung. Tapi ternyata disini tiba-tiba gw menjadi tua (banget malah) karna beberapa orgtua yang sepantaran bokap gw aja gw panggil ito, bahkan ada yg udh punya anak seumuran adik bontot gw adalah ponakan gw, dan yang berarti anaknya dia manggil oppung. Lah kan Gilaaaaaaaaa mendadak jompo gw hahaha 😁😁

Dipunguan juga lo akan semakin pintar dengan pengetahuan-pengetahuan dasar batak. Contoh: karna gw yang dari orok udh tinggal disini, yang gw tau abang adalah panggilan paling dekat dengan saudara laki2 yang lebih tua dari kita  eh tenyata klo dibatak panggilannya bukan abang but ito termasuk sauadara saoppung. Padahal yang gw tau sebaliknya ito itu untuk oranglain baik semarga maupun engga, abang adalah saudara deket. Nah untuk yang ini gw masih belajar tapi susah booooo karna enakan manggil abang.

Dan di punguan juga lo bisa ketemu saudara2 lo yang 3 sampai 4 keturunan sebelum lo. Contoh: dipunguan ini gw ketemu Witta Sitohang yang ternyata adalah keponakan gw. Trus ketemu bang Martahan Sitohang dan bang Hardoni Sitohang Art yang ternyata masih abang gw. Hahaha ini sih sebenarnya efek gak pernah ikut arisan keluarga juga jadi gak kenal ama sodara sendiri haha 😁😁

Dan dipunguan juga lo bisa ketemu dengan anak-anaknya yang ternyata orangtua bahkan oppung kita bersahabat, contoh: iban Glenn Evan D Simamora  dan tulang ibanku Ýandriko Silalahi ternyata dari oppung kami sudah bersahabat dulunya dikampung, lanjut ke orangtua kami dan sekarang ke kami anak-anaknya.

Dipunguan lo bisa tau lagu-lagu batak dari yang terhitz jaman sekarang sampe yang terhitz jaman orangtua lo masih lajang. lo bisa nyanyi-nyayi walau suara lo fallsnya ampun-ampun. percayalah lo gak akan di cela, tapi diketawain. hahaha😆😆
 

Dan cuma dipunguan doang lo bisa becanda-becanda yang agak sensitif, contoh; pilpres kemarin kita bisa ledek-ledekan presidan pilihan kita dan itu kita bikin buat ketawa-ketawaan, kalo diluaran sana beda pilihan sensitif, disini beda pilihan malah dibikin ketawa.

dan dipunguan juga lo dapet orang-orang bisa lo ajak jalan saat lo butuh temen jalan, contoh: saat gw patah hati taun lalu, ceritanya abis putus cinta, gw butuh refresing tapi maunya nanjak ke gunung Papandayan eh ada ito gw, ito Roy Sitohang yang kadang gw panggil ito Ndut dan Merlin. gilaaaaak keren banget kan,  ah cinta banget dah ama mereka ini. muah muah 😘😘

Nah kan banyak hal hal seru yang didapet dari ikut punguan, sebenarnya masih banyak lagi manfaatnya, dari lowongan pekerjaan dan lain-lain.











3 Comments