Seperti biasa  klo udah pada ngumpul semua pasti cerita-cerita apa yang udah dilalui sepanjang minggu ini. dan kali ini cerita salah satu adikku, Avry Sitohang.

Avry: pak,  Avry ada bikin punguan Naposo dong, dan anggotanya udah lumayan banyak namanya Batak Comunity. Seru juga ternyata kalo maen sama orang-orang yang se-suku dengan kita, jadi pinter bahasa batak aku.(secara dia gak banyak punya temen batak, klopun ada udah lahiran sini jadi bahasa batakknya dalle sama kayak dia hahaha)

Bapak : bagus itu nang, tapi kalo bisa nian kalian bikinlah Naposo Sitohang, karna di PSB (Punguan Sitohang dohot Boru) adanya perhatian khusus buat Naposo tapi kayaknya belum ada Naposonya.

Avry : masa sih pak blm ada naposo Sitohang, naposo Situmorang Sipituama aja ada loh, aku baru gabung di situ.

Bapak: makanya kalian buatlah

Avry: tapi susah pak, aku aja baru-baru ini punya temen batak itupun gak ada yang marga Sitohang.

Bapak: bentar bapak hitung dulu yah, yang di Bekasi aja banyaknya  yg punya anaknya naposo( disebutin satu-satu nama-nama orgtua yang punya anak kira-kira umur 20-30an) tapi gak ada yang kami kenal satupun.

Avry : kita bikin ajalah dulu kak, biar bapak senang, berhasil atau engganya kan urusan belakangan. Sini hp lo biar gw bikin groupnya.

Singkatnya jadilah group wa punguan naposo sitohang dengan anggota hanya kami sekeluarga, lima orang (gw, Avry, Nike, Nova, Nando) + satu pariban kandung (Nugie Sagala). Hahahaha

Setelah dua minggu gak ada perkembangan naposo ini, abis aku juga gak ada yg kenal ada naposo bermarga sitohang.

Gw : dek gimana ini gak nambah-nambah orangnya hahaha

Avry : oh ia lupa gw kita mau buat naposo Sitohang yah, ntr gw cari-cari di fb deh yah

Gw : bagus, lo yang cari dah gw mah gak sabaran nyari-nyari orang. Gak bisa basa basi.

Ditengah harapan yang hampir tak ada, Avry ngasih nomor telp seorang laki-laki bermarga sitohang katanya dia ketemu di punguan naposo Situmorang Sipituama.

senang bukan kepalang akhirnya bisa nambah anggotanya. hahaha

Gusto sitohang adalah namanya ito-an itu. Dengan bergabung dia semakin banyaklah naposo sitohang yang terkumpul.

Karna, ternyata tahun-tahun lalupun naposo sitohang sudah ada, cuma tidak aktif (tidak ada kegiatan apapun) alias timbul tenggalam. Timbul saat ada bonataon (pesta awal tahun) dan tenggelam setelah bonataon.

Laporan lagi ke bapak perkembangan naposo sitohang.

Nasehat bapak: pasti ada kok itu naposo yang rindu adanya naposo sitohang, pelan-pelan pasti ketemu orang-orangnya nang, jangan menyerah kalian, pertama-tama emang capek. Tapi nanti pasti enak. Disinilah kalian belajar berorganisasi, cara menahan emosi dan beradu pendapat. Mending naposo sitohang aja kalian fokuskan daripada punguan gak jelas itu (bilang punguan avry, Batak Community) klo disini kan kalian bisa ketemu saudara-saudara kalian dan kalianpun akan lebih tau tentang sitohang.

Gw: trus mau bikin kayak apa coba, orang-orangnya aja kami gak kenal gimana ngajak ngumpulnya? Tanyaku

Bapak: bentar dulu bapak telp sekum (sekretaris umum PSB) yah bapak tanya dulu bisa gak kalian ambil bagian dalam bonataon nanti jangan hanya koor aja kalian. Kata bapak sambil telp sekum tersebut.

Gayung bersambut, kata Sekum, natua-tua (orangtua sitohang) senang dangan info adanya keterlibatan naposo.

PR berikutnya :

Gimana caranya ngumpulin naposo ini, dan info dari ito Gusto. Coba bilang ama naposo, kita akan dilatih oleh uda Martahan sitohang. Karna menurut ito Gusto kalo uda Martahan yang ngajarin naposo yang lain pasti akan datang. Dan uda Martahan juga pasti senang mau ngejari kita. Coba dl kau telp to uda Martahan. (dulu masih manggil uda ke bang Martahan karna blm tau partuturan kami dan ternyata kami masih satu, jadi sekarang manggilnya abang/ito, tapi aku lebih suka manggil abang).

Inget banget pertama kali telp bang Martahan jam 11 malam.

Dan respon bang Martahanpun sangat positif. Cuma satu pesannya. Aku dengan senang hati mau mengajar dan membagi waktuku untuk kalian naposo, cuma janganlah aku lagi yang ngumpulin kalian, capek aku tiap tahun begitu. Abis bonataon pasti ilang semuanya. Kalo bisa nian bertahanlah yang lama jangan mullop ullop. Lanjutnya.

Dan jawaban gw pun cukup singkat dan berharap si abang bisa menangkap semangat dalam suaraku.
“ rencana sih gitu uda, selama uda mendukung kami, kami naposo pasti semangat”.

Anggota di group sudah mencapai kurang lebih 40 orang.

Pertemuan pertama di CFC RS Uki 16 Oktober 2016

Kalau menurut respon mereka di group sih banyak yang dateng, tapi kenyataannya yang datang cuma segini.

Pertama kali jumpa dengan mereka sebenarnya gw ngerasa agak aneh, karna dalam seumur hidup gw blm pernah ikut perkumpulan yang isinya orang batak semua. Biasanya cuma saat arisan di rumah aja (arisan mama bapak) hahaha. 

Momen pertama gw kumpul dengan mereka, menyenangkan. Untung pertama kali ketemunya dengan orang-orang ini yang selalu bahagia (atau pura-pura bahagia yah gak tau juga) dan bikin ketawa terus hahahaha .
Yuuuuuuuk gw kenalin satu-satu dengan mereka:

Nike dan Avry adalah adik gw jadi gak usah gw kenalin yah hahaha
Lydia : orang rame bgt, bocor. Sok so-an klo ngomong pake bahasa batak padahal menurut gw bahasa bataknya sama kacaunya dengan gw, alias kasar bahasanya. Maklum doi udh lahir dan besar di Jakarta, tp dia PD bgt ngomong bataknya. pisssss yah lydia Haha

Luci: di sebelah lydia sebenarnya ada luci cuma dia ngumpet maklum blm pake alis gak pede di foto haha, adik yang satu ini gw suka banget denger kalo dia ngomong batak, mantep banget pokoknya klo dia ngomong gw pasti ketawa. Orangnya rame bgt dan baik. Humble banget deh. dan paling yang gw suka dari dia adalah selalu ontime klo janjian. Pertahankan dek.

oh ia, ada kejadian lucu, saking ngakaknya gw dengan tingkahnya dia, gak sengaja gw lempar botol aqua ke jidatnya, untung dia gak marah hahahaha maaf yah adik sayang. 

Dian : keponakannya lusi, asik dan selalu sasaran bully-an luci

Merlin dan Roy : kakak beradik yang kompak dan sangat humble.

Tessa : adik yang satu ini sebenarnya adalah yang paling muda tapi dia yang paling banyak gaya dan full make up. Cantik dan sangat bersahabat.

Juliiet : satu lagi yang jadi sasaran bully-an si luci. Orang baik dan humble.

Ito Ikhsan dan ito Gusto : pertama-tama sih pada kalem tp sekarang-sekarang udah keluar aslinya.

Bersyukur bangat pertemuan pertama ketemu dengan mereka sehingga optimis punguan ini pasti akan berhasill. Mereka anak-anak muda yang penuh dengan semangat.
 
Juliet sitohang, Eka Sitohang, Merlin Sitohang, Nike Sitohang, Lydia Sitohang.
Pertemuan kedua:
Yang datang lebih sedikit lagi, saking dikitnya males moto. Yang gw inget yang datang cuma gw, Nova, Nando, Avry (ini kami sekeluarga loh), Lucy, Dian, ito Vian dan ito Koko dan ito Gusto.  

Seperti kata bapak, nanti juga kalian akan ketemu kok dengan orang-orang yang rindu akan punguan ini. berharap akan segera muncul.

Lucy Sitohang,
Pengharapan akan punguan ini keluar dari kata-katanya. Mungkin dia melihat kekecewaan di wajahku yang kece ini dan diapun berkata: tenang kak mungkin karna mau Natalan jadi orang-orang pada gak bisa datang nanti aja abis natal kita ngumpul lagi.

Masih ada sedikit harapan, dalam hatiku.

PR selanjutnya

Mencari tempat untuk ngumpul untuk latihan, yang strategis dan besar.

Dan seperti biasa ngadu lagi ke bapak mengenai tempat.

Sebentar bapak telp dulu sekum yah bisa gak dipinjamnya hunter cafe untuk kalian pakai, itu kan ditengah-tengah. Dan kebetulan yang punya adalah ketua bonataon.

Gayung bersabut, kami dapat tempat, dapet pelatih koor yang keren bgt. Tinggal berdoa semoga yang datang banyak.

Pertemuan berikutnya tgl 22 Januari 2017



Puji Tuhan yang datang lumayan.

Pertemuan berikutnya 29 Januari 2017

Di setiap minggu semakin banyak yang datang. Dan selalu berdoa mudah-mudahan abis bonataon tetep begini. Bahkan kalo bisa tambah kompak. Biar bisa seperti punguan marga-marga lain.

Semakin seringnya kami bertemu dan bertukar pikiran semakin banyak naposo-naposo yang kelihatan interest dengan punguan ini. Akhirnya diputuskanlah dibuat susunan pengurusnya. Agar bisa punguan ini berkembang dan tidak bubar jalan dan supaya bisa diresmikan oleh natua-tua saat bonataon.

Dan seperti kata bapak sebelumnya, pasti ada nanti orang-orang yang lebih semangat dari kalian atas punguan ini, dan benar kami semua bisa bertemu dan berusaha mencapai tujuan agar punguan ini bisa terus maju dan semakin kuat.

Sekarang punguan ini semakin kuat dan solit. Banyak sudah rencana-rencana kedepannya yang ingin kami gapai bersama-sama. Pengurus-pengurus yang solid-solid walau kadang perdebatan yang sangat sengit dalam menyampaikan pendapat sangat menguras emosi.

Semakin banyaknya naposo yang bergabung semakin banyak pemikiran-pemikiran yang di sumbangkan untuk kemajuan naposo ini. Apalagi mereka adalah naposo-naposo yang dahsyat dan creative.

Gw percaya kalo kita bersama kita pasti bisa buat punguan kita ini semakin solid dan berkembang. Yang penting kita kobarkan semangat kita agar semua juga tambah semangat. Dan kita buang baper-baper. Adu pendapat itu biasa karna itulah gunanya organisasi, untuk beradu pendapat tapi untuk kebaikan punguan. 


bersambung,,,  
Sitohang Do Au
Saonari, Sogot, Haduan. 













1 Comments