Kalau weekend telah tiba gini trus pas akhri bulan tuh rasanya pikiran dan tubuh butuh banget liburan padahal lagi tipis-tipisnya keuangan.  Seminggu sebelumnya ngajakin kawan, ke curug yuk butuh refresing ini badan, udah lama gak diajak gerak-gerak yang agak berat. Dan sikawan langsung meng-ia kan.

Gak pake lama dan mikir, sikawan langsng bikin group whatsapp, dan bikin itinirary perjalanan ke curug.

Padahal tadinya pengen kemping-kemping cantik gitu dibawah kaki gunung salak, ngerasain bangun pagi menghirup udara seger dan nyemplung ke curugnya. Pasti bahagia banget. Tapi semua tinggal angan-angan karna satu-satunya supir kita batal ikut karna ada keluarga yang sakit. Huhf

Tapi daripada batal dan setelah diskusi yang panjang kali lebar akhirnya kita sepakat, ke curugnya kita ngeteng aja dan menggunakan kereta api, ketemuan di manggarai jam 7 pagi.


Asik asik akhirnya kesampean juga ke curugnya,,,,,sipiriliiiiiiiiiiiiii sambil joget joget ala ala princes syahrini. Hahaha

Sabtu
Dalam tidur lelapku, terdengar suara nyokap teriak, bah bah kalian belum pada bangun ini, mamak sudah pulang dari pasar, kalian masih aja tidur. Cemmana anak gadis seperti kalian ini? Omelnya.

Gw pikir tadinya itu hanya mimpi, selimut makin gw tarik ke atas dan semakin nyenyaklah tidurku.

Eh simamak masih ngomel, gak bangun kalian udah jam 10 ini. Katanya.

Dan gw langsung lompat dari kasur. Dan bales teriak,,, masaaaaaaaa sih udah jam 10 ma ?

gak percaya dengan penglihatan gw di layar hp, gw keluar kamar dan langsung ngelongo liat jam dinding yang menunjuk angka 10 kurang 5. ternyata jam hp tidak berbohong. Hiks hiks :(

Langsng cek hp, gak ada panggilan dan gak ada wa masuk, apa gak jadi yah ke curug nya kok gak ada yang ngabarin gw sih or bangunin gw.

Eh setelah di cek cek ternyata paket datanya tadi malem gw matiin. Komplit sudah :(

Begitu diaktifin, banyak panggilan wa yang tidak terjawab dan messege di group wa yang menanyakan gw dimana. Maaf maaf kawan, gw ketiduran.


Gw japri Ratri,

Gw : Rat, sorry baru bangun gw, buset gw tidur udah kayak orang mati, kalian udah sampe mana gw nyusul yah ?

Ratri: buset dah lo, ya udh sini nyusul ketemuan di pintu masuk Cigamea yah.

Gw: oke, temanku sayang muah muah pake kuah  :)   


Gw mandi bebek dah yang penting gak bau kasur lagi. Cuuuus yang rencananya tadi mau naik kereta gw naik bus dah ke bogornya. Sebelum berangkat ratri udah ngasih arahan naik apa aja dari bogor dan turunnya dimana. Emang dah Ratri temen tersabar (sengada lawannya dia mah) muah muah cipok yang erat.

Nih rute perjalanan dan harga ongkos gw ke cigamea naik bus dari Bekasi:

Berangkat
Dari bekasi naik bus sampe ke branangsiang harganya Rp.16.000
Branangsiang-laladon naik 03 harganya Rp.5.000
Laladon-pertigaan cibatok naik 52 Rp.10.000
Dari cibatok ke pintu masuk cigamea Rp.50.000

Pulang
Cibatok-laladon Rp.5.000
Laladon-stasiun bogor Rp.10.000
Bogor-bekasi Rp.7.000
Total Rp.103.000

Nah yang dari cibatok ke pintu masuk cigamea ini yang mahal, katanya sih karna gw sendiri, klo 2-5 orang mah harganya 35.000/org. Tapi gak papa deh siapa suruh juga gw telat. Huhf

Sesampainya di sana pukul 15.00, udah gak rame. Hanya sisa-sisa pengunjung yang udah mau pulang yang ada di pintu masuk curug. Karna kebetulan banget hujan dari siang di curug ini jadi gak terlalu banyak pengunjung.

Dengan cepet gw mulai menuruni anak tangga, tiba-tiba seorang ibu menegor dan memperingatkan gw.

Ibu: dek itu kamu di plastik bawa apa ?
Gw: mangga bu, kenapa ibu mau ?
Ibu: engga dek, itu kamu mangganya mending tutupin pake jaket kamu atau kamu masukin ke dalam tas
Gw: lah emang kenapa bu ?
Ibu: banyak monyet berkeliaran di bawah nanti kamu di kroyok lagi, kata si ibu dengan serius
Gw: oh yah ? aduh. Makasih makasih bu, langsung nutupin mangga pake sweater dan gw peluk erat.

Perjalanan panjang nuruni tangga, dan akhirnya ketemu dengan si dia yang katanya adalah asal mula manusia hahaha

Ada beberapa keluarga monyet disepanjang jalan, disisi kanan dan kiri. Gede-gede banget, adakali 12 monyet. Matanya awas bgt ngeliatin gw, melotot semua.

Dalam hati deg-deg an, hadoh jangan sampe mereka nyium bau mangga trus mereka lompat semua ke gw. Dan habislah gw kalo sampe itu terjadi. Doa tak putus-putusnya gw panjatkan kepada Tuhan yang maha Esa. (ini serius)

Belokan kedua adalagi segerombolan keluarga monyet cuma gak sebanyak tadi dan gak setua yang pertama. Spontan gw ngomong, misi misi anak bagong mau lewat (inget waktu kecil katanya klo mau lewat ditempat yang kita gak biasa bilangnya begitu biar digangguin) tadinya gw mau bilang sattabi oppung” tapi kayaknya mereka gak ngerti bahasa batak dah (deg-deg-an dah pokoknya, lebih deg-deg-an ketemu mereka dibanding ketemu gebetan dulu hahaha).

Sampe dibawah, pengunjung tinggal beberapa orang lagi. Cuma ada sekelompok keluarga (ini keluarga manusia yah bukan monyet haha) dan Ratri dan Ciput yang nungguin gw.

Karna penjaga curugnya udah pulang jadi gak bisa mandi, kata ratri bahaya. Debit airnya banyak dan deres. Gak boleh. Gw mah nurut ajalah orang gw yang salah, telat. Dan jadinya cuma numpang makan mangga dan foto-foto disana. Abis itu langsung naik, balik.

Sampe diatas udh jam 5.00 sore, angkot yang mau di sewa udh gak ada, klo naik ojek 100rban. Ya udah kita jalanin aja yok, kali aja ntr dijalan ada angkot lewat. Begitu kata Ratri.

Perjalanan hampir 30 menit dengan jalanan berbelok-belok dan menurun plus gerimis yang gede-gede (kenapa gw bilang gerimis gede-gede, karna kalo dibilang hujan kurang deres), bikin kaki gw lumayan pegel. Maklum gak pernah jalan jauh dan gak pernah olahraga. Kaki gw sakitnya tuh serasa dengkul dan pergelangan kaki engselnya mau copot. Huhf

Hampir sejam jalan gak ada angkot juga, eh tiba-tiba ada mobil pribadi lewat merek apa gitu gw lupa, emaknya kepalanya keluar dan bilang: jalan kaki yah mba ? trus berlalu gitu aja. Dan terjadilah perbicangan diantara kami bertiga:
Gw: apa katanya rat ?
Ratri : jalan kaki yah mba, gitu
Gw: sial banget tuh emak-emak bukannya nolongin kita yah, padahal kan klo nolongin kita ntr pahala gede trus masuk surga.
Ratri: tau tuh

Eh tiba-tiba si mobil yang ditumpangin emak-emak tadi berhenti di depan, pasang lampu hazard.
Gw: kenapa tuh mobil berhenti mau ngeledek kita apa mau nebengin kita ? awas aja klo ngeledek gw lemparin tau kotok ntr. Celetuk gw disambut ketawa temen-temen.
Ratri: mau nebengin kali, yuuuuk kita lariiiii

Sampe di samping mobil, memang rejeki anak soleh kita ditumpangin dong. Tadinya mau sampe terminal bubulak, cuma gak enak aja mereka sempit-sempitan jadi kita minta di turunin di pertigaan cibatok.

Ternyata mereka adalah keluarga: sepasang suami istri, adik perempuan yang sudah dewasa, nenek dan anak. Dan ternyata mereka sering melakukan piknik seperti ini, kata si nenek, kita mah udah kesemua curug disini mba. Lumayan buat refresing keluarga daripada pergi jauh jauh mending ke main-main kesini aja. Begitu katanya. Senang punya keluarga begitu ya. Coba emak bapak gw mana mau diajak jalan begitu, capek katanya. Udah biasa, di kampung juga banyak malah lebih indah. Hahaha  :)

Dan perjalan pulang yang tadinya kita mau sekalian kulineran di bogor gak jadi karna udah jam 10 malam sampe di bogor kota. Jadinya angsung balik deh.

Sebenarnya kurang puas perjalanan kali ini, kita atur trip berikutnya yah rat dan put, kita belum sampe ke curug pangeran. 













0 Comments